Translate This Web

Senin, 08 Februari 2010

Liga Indonesia Semakin Menarik Di Luar Negeri

Liga Super Indonesia semakin menarik banyak pihak. Jika sebelumnya LSI hanya mampu memikat pemain dari benua hitam Afrika dan Amerika Selatan, maka pada bursa transfer putaran kedua ini LSI mulai kebanjiran pemain pelamar yang berasal dari Asia, Australia, bahkan Eropa.

Pelamar dari Asia kebanyakan datang dari Thailand, Singapura, Uzbekistan, Jepang, Australia dan Korea Selatan. Dari Eropa, mereka datang dari Denmark, Spanyol, Italia dan Belanda.

Klub ibukota Persitara Jakarta Utara berhasil memikat hati mantan pemain Real Murcia asal Inggris, Mark Redshaw.

Mantan pemain Ascoli (Italia), FC Copenhagen (Denmark) dan Haarlem (Belanda) juga tertarik mengadu nasib ke Indonesia. Kabar terakhir, mantan pemain Manchester United dan Manchester City juga tertarik ke Liga Indonesia, tepatnya ke Persitara, namun namanya dirahasiakan.

Kualitas Liga Indonesia yang lebih baik dari Liga lain diamini oleh pemain Arema asal Singapura, Noh Alam Shah. "Kualitas Liga Indonesia jauh lebih baik daripada Liga Singapura," kata Noh.

Menurut pengamatan saya, ada beberapa hal yang mampu menarik pemain-pemain asing untuk berlaga di Indonesia.

  1. Komunikasi : Di Indonesia, banyak pemain dan pelatih yang fasih berbahasa Inggris. Dan para pemain asing yang datang terlebih dahulu juga fasih berbahasa Indonesia, sehingga memudahkan komunikasi.
  2. Kompetitif : Meskipun minim prestasi internasional, Liga Indonesia diakui banyak pihak luar negeri, seperti Arsene Wenger dan Ivan Kolev, menyimpan bakat-bakat luar biasa. Kekurangannya hanya dari segi fisik dan mental.

Biaya hidup murah : Dibandingkan luar negeri, biaya hidup di Indonesia memang lebih murah.

3 komentar:

Andika mengatakan...

Dulu aja sempet ada isu Rivaldo mau nongol di Liga Indonesia, tapi nyatanya nggak. Moga2 tahun depan bisa nonton Ronaldo atau Rivaldo di ISL. Apalagi Cristiano Ronaldo atau Fabregas (yang mau dibeli Barca aja alot).hahaha

Ciput M mengatakan...

artinya liga punya kita sudah mulai nilai jual untuk orang luar negeri

apri mengatakan...

luar biasa ..
berarti liga kita telah dikenal luas dan mampu memberikan daya tarik tersendiri ..

Text