Translate This Web

Rabu, 24 Desember 2008

Jalan Berlubang yang Sudah Minta Korban

DSC00112 DSC00113

LUBANG-LUBANG DI JALAN YANG CUKUP MEMBAHAYAKAN DAN BIKIN JALAN ANDA TIDAK NYAMAN. (SUMBER : DOKUMENTASI PENULIS)

Pasti sudah banyak yang melihat, atau pernah mengalami jalan-jalan berlubang. Memang menjengkelkan, kita harus jalan pelan jika melewatinya, dan jika lagi apes, bisa merusak roda kalo ngebut waktu melewatinya.

JALAN BERLUBANG MERASA KESAL KARENA IA TERUS DILINDAS KENDARAAN-KENDARAAN YANG KEDUA BELAH PIHAK MERASA DIRUGIKAN, KARENA TIDAK TAHAN, IA MINTA KORBAN, YANG SALAH SATUNYA ADALAH SOPHAN SOPHIAN

Namun, pembaca, ada yang lebih membahayakan lagi, ternyata saudara dari jalan berlubang ini (maksudnya ada di tempat lain) sudah minta korban, yang salah satunya adalah Sophan Sophian.

“SAYA PIKIR UANG PAJAK DIGUNAKAN UNTUK MEMPERBAIKI JALAN DEKAT RUMAH SAYA YANG BOLONG-BOLONG, TAPI KOK SUDAH BERTAHUN-TAHUN SAMA AJA (TUKUL ARWANA, M.TEMPOINTERAKTIF.COM)

Presenter Empat Mata dan artis Tukul Arwana, salah satu warga Indonesia yang taat bayar pajak, mengaku kaget melihat jalan-jalan dekat rumahnya tetap berlubang. Kepada wartawan (saya baca di m.tempointeraktif.com) ia berkata, “Saya pikir uang pajak digunakan untuk memperbaiki jalandekat rumah saya yang bolong-bolong, tapi kok sudah bertahun-tahun sama aja (tetap berlubang)”

Hasil akhir sih tetap tergantung ama Dinas Lalu Lintas dan pemerintah. Oke lah, kita semua ngerti kalau pemerintah lagi banyak masalah yang butuh uang, namun jalan-jalan berlubang harus diperbaiki ya pak.

Di solo, penanganan jalan berlubang sudah cukup baik (malahan sangat baik). Jika ada jalan yang berlubang, dalam waktu 1 minggu atau beberapa hari sudah diperbaiki. Kita harap pemerintah di daerah lain juga melakukan hal yang serupa.

N.B Buat owner Fajar Indah, Solo, mohon jalan-jalannya diperbaiki, karena sudah ada yang makan korban.

MAJU TERUS, INDONESIA !

Jumat, 19 Desember 2008

Seperti apakah blog-blog yang disukai orang ?

  • Blog yang menulis tentang misteri.
  • Blog yang menulis tentang alien.
  • Blog yang memuat berita hangat.
  • Blog dengan tulisan-tulisan yang unik.
  • Blog yang tampilannya tidak terlalu "rame", enak dibaca, dan proses loading-nya cepat.
  • Blog yang tulisannya berbobot.
  • Blog yang menulis humor.
  • Blog yang menulis hal-hal positif.
  • Blog yang tidak narsistis (sering menceritakan kehidupan sendiri, namun tak ada maknanya).
  • Blog yang menulis APA YANG DIINGINKAN ORANG LAIN.
  • Blog yang tidak menulis sampah.
  • Interaktif, mudah dimengerti.
  • Isinya kreatif, cerdas dan ringan.

Berikut ini contoh blog/website yang masuk kriteria tersebut

Saya menjanjikan daftar blog di atas terus bertambah. Tunggu aja !

N.B Kalau ada dari kalian-kalian yang punya ide atau link tentang blog yang menarik, kirim comment. Saya tunggu !





Yang Bisa Kita Dapatkan Dari Radio Bisnis

Wahai pemuda, jika kamu-kamu berpikir bahwa radio bisnis tidak cocok untukmu, PIKIRKAN LAGI !. Radio bisnis membuat pikiranmu lebih tajam (berkat analisis), mengetahui berita-berita terkini (dan membuatmu "gaul" dengan kondisi masyarakat yang ada), merencanakan waktu-waktu ke depan (sebagai imbas dari perkiraan harga minyak, yang pengaruhnya sampai kemana-mana), serta, yang paling menarik, MOTIVASI !.

Yang saya lihat, dan juga anda, kehidupan remaja-remaja sekarang PENUH dengan hal-hal negatif. Mereka seperti orang sakit. Mereka seperti zombie, manusia yang kehilangan semangat.

Motivasi-motivasi di radio bisnis bisa membantumu keluar dari masalah-masalah itu. Benar, motivasi motivator untuk pebisnis, but, you can use it in your life.

Apa bedanya pebisnis dengan anak sekolah ? Mereka punya kesulitan, Pernah lesu (bukan karena anemia), pernah tidak bersemangat. Mereka sama seperti kita.

Motivasi-motivasi mampu membuat kamu kebih bersemangat, apalagi jika kamu mengetahui rahasia-rahasia sukses dari orang-orang yang sudah teruji. Jika kamu melakukannya, kamu akan 2 langkah lebih maju dari teman-temanmu yang tidak mengerti rahasia-rahasia itu.

Oh ya, ada anggapan bahwa radio bisnis itu tidak gaul, tidak pas dengan jiwa anak muda yang bebas. Siapa bilang ? Kalau kamu berpikiran luas dan tajam kamu akan lebih dihargai daripada teman-temanmu yang lain yang (sok) keren, tapi otaknya didengkul.

Jadi, gak ada ruginya 'kan dengerin radio bisnis. Bisa nambah ilmu, membuat pikiran tajam, mampu merencanakan masa depan, dan kamu akan 2 LANGKAH LEBIH MAJU dari teman-temanmu yang tidak mengetahui rahasia sukses.

TERIMA KASIH DAN SALAM SUKSES !

N.B Radio bisnis ini pas banget buat anak muda : PAS FM

Selasa, 25 November 2008

Stop Iri Hati

Sehari-hari, kita mungkin punya teman yang suka "jealous" dengan teman lainnya. Bisa iri dengan harta, tampang, dan mungkin, prestasi.

Saya ambil contoh untuk nilai, untuk yang lainnya kira-kira sama. Orang ini suka mengejek/menyindir temannya yang dapat nilai lebih baik darinya, dan ketika temannya itu mendapat nilai lebiih jelek darinya, ia juga akan melakukan hal yang sama. Dan orang ini akan sangat senang sekali, seperti dapat uang 1 milyar, jika teman yang ia "iri-kan" itu tidak bisa sepertinya.

Kira-kira seperti itu...

Sebenarnya, apa sih untungnya iri hati ?

Iri hati tidak selalu berdampak negatif, ia bisa menjadi positif, seperti listrik yang menyalakan komputer. Jika kita iri untuk hal positif, itu akan menjadi motivasi buat kita. Karena satu-satunya cara supaya tidak iri, adalah dengan menyamai atau lebih baik.

Contoh : Saya pernah iri dengan teman saya yang pintar matematika. Hal itu memacu saya untuk, paling tidak, menyamainya. Setelah saya menyamai dia, bahkan lebih baik, saya tidak iri lagi.

Iri hati positif bisa disebut motivasi. Tidak berbahaya. Iri hati ini dosisnya kecil.

Kalau kerugiannya?

Lebih banyak daripada untungnya. Rasulullah SAW bersabda iri seperti api yang memakan kayu bakar. Ia akan membakar hati kita, akal sehat kita. Kalau iri udah kebablasan, malah jadi dengki.

Iri membuat kita akan berpikir negatif. Buruknya, pikiran negatif itu hanya akan membuat kita membuang-buang waktu dan energi, malah pikiran itu akan menghambat kita dan balik menyerang kita.

Iri dengan orang lain bakaln merusak silaturrahmi, makanya hati-hati. Dan yang lebih buruk, BAKALAN MERUSAK NASIONALISME SERTA PERSATUAN DAN KESATUAN INDONESIA.

Jadi, gimana dong ?

1. STOP IRI HATI MULAI SEKARANG

2. Jadilah lebih baik, insya Allah iri hati itu akan hilang.

3. Kembangkan bakat kita yang tidak dimiliki orang lain.

4. Lihat kesuksesan-kesuksesan kita, dan bandingkan dengan orang lain. Apakah kamu punya kesuksesan yang tidak dimiliki orang lain ?

5. Syukuri apa yang kita punya. Ingat, banyak orang yang bernasib tidak lebih baik dari kita.

6. Berwudhu lalu sholat, atau baca Al-Qur'an. Pikiran-pikiran negatif akan hilang, dan kita bisa terus tersenyum.

Senin, 27 Oktober 2008

Cara-cara mudah ngedapetin ide

Buat para blogger kayak kita-kita, hal yang bahaya adalah jika sampai kehilangan kita. Nah, saya punya beberapa cara untuk mengatasi kekeringan ide. Gak cuma buat penulis dan blogger, semua orang juga bisa gunakan cara-cara ini. Sudah dicoba dan berhasil :

1. Tenangkan pikiran = Jika pikiran tenang, otak akan bekerja secara maksimal, sehingga ide akan datang dengan cepat.

2. Jadikan apa yang ada di sekitarmu sebagai ide = HAL YANG PALING PENTING !Nah, ini emang tidak mudah, tapi paling ampuh. Apa aja yang ada di sekitar kita, jadikan ide. Kalo nggak, gabungan dua hal atau lebih untuk membentuk ide.

3. Sering-sering ke luar rumah = Ini berhubungan dengan cara kedua, pergi ke luar rumahmu, dan cari ide.

4. Sering-sering lihat berita = Ini khusus buat blogger yang suka menulis masalah serius, atau animator yang ingin menggali ide dari masalah-masalah yang ada.

5. Sering-sering baca buku

6. Take a photo ! = Tiap kamu pergi, misal ke mall, atau ke suatu tempat, ambil foto, simpan di HP atau di komputer. Setelah beberapa saat, lihat foto itu lagi, bisa-bisa kamu akan dapat ide. Berguna buat novelis/cerpenis. Blogger yang mau nulis masalah serius juga bisa memanfaatkan ini.

Seperti itu aja. Kalo ada yang punya ide lain, kirim comment, nanti aku posting lagi ide kalian !

Rabu, 27 Agustus 2008

Sumbang kambing dan uang untuk cegah golput

Saya cukup terkejut melihat berita di koran tempo beberap hari lalu, di situ tertulis pilkada di daerah X menggunakan kambing dan uang untuk menekan angka golput.

Saya tidak melihat ada kecurangan dalam praktek ini, apalagi tujuannya bagus demi kemajuan demokrasi di Indonesia, menekan pertimbuhan golput. Tapi saya juga sedih, apakah ini pertanda bahwa golput susah diberantas hanya dengan silat lidah ?

Apakah benar begitu ? Sepertinya golput susah diberantas. Hal ini pernah saya bahas dalam artikel di bulan lalu. Tapi jika butuh kambing dan uang untuk cegah golput, trus mau jadi apa golput nanti, apakah nanti harus pake rumah atau uang 1 milyar buat cegah golput ? Kalau sudah begini 'kan nanti bisa dimanfaatkan oleh oknum-oknum tertentu untuk tindakan yang nggak bener, masalah bisa gawat dong !

Sinetron Menggunakan Ayat-Ayat Qur'an

Sebentar lagi udah hampir lebaran, met puasa buat yang menjalankan (kalo nggak ya nggak usah).

Kali ini blogmasindra ingin sedikit me-review tentang acara-acara yang ada di bulan Ramadhan, terutama yang menarik saya, sinetron ramadhan.

Ketika suatu saat saya lihat infotainment, saya melihat (dan mendengar) kabar tentang salah satu sinetron Ramadhan di SCTV. Yang ditayangkan saat itu adalah ketika syuting sinetron, seorang aktris bernama Poppy Bunga mengaku kesulitan memainkan dialog dengan ayat-ayat al-qur'an di dalamnya.

Masalah ini menurut saya menimbulkan pertanyaan yang sangat menarik, apakah dalam sinetron religi harus menggunakan ayat-ayat al-qur'an ? Saya rasa tidak perlu, malah saya tidak suka kalau sinetron religi menggunakan ayat-ayat al-qur'an, apalagi kalau waktu pemeranannya terlihat unsur-unsur kalau itu diucapkan atas keinginan sutradara, bukan pengucap itu sendiri.

Lho ? BUkankah itu justru klop, sinetron religi dengan ayat qur'an ? Tunggu dulu ! Memang pas ! Tapi apa yang penting dari sebuah acara seni seperti sinetron ? Tentu saja isinya. Menurut penelitian saya, lebih dari separuh sinetron termasuk sinetron religi sama saja, SEMUANYA BANYAK MENGANDUNG UNSUR KEKERASAN YANG TIDAK LAYAK TONTON. Sehingga ayat al-qur'an yang diselipkan maknanya menjadi lain, yaitu hanya untuk menutup-nutupi tayangan tidak layak tadi. Jadilah, ayat-ayat suci tersebut kehilangan maknanya jika tidak disertai isi cerita yang bermutu.

Mengapa tidak membuat sinetron religi yang biasa saja, tanpa ayat qur'an, tetapi bobot mutunya tinggi ? Yang seperti ini tentu lebih ringan, apalagi jika diselingihumor-humor yang berhubungan dengan cerita. So, jika pemerannya saja susah menghafalkannya, gak usah pake aja deh ! Kalo pemerannya emang hafal luar kepala, ceritanya lain lagi lah !

Senin, 18 Agustus 2008

SOE HOK GIE

Gara-gara pengaruh global, nasionalisme di kalangan anak-anak muda semakin luntur setiap hari, setiap menit, setiap detik, SETIAP SAAT ! Lunturnya semangat nasionalisme ini memang penyakit yang susah sekali disembuhkan.

Apa yang kita butuhkan untuk mengatasi ini ? Kita butuh seseorang yang berkarakter seorang SOE HOK GIE. Meskipun ia seorang Tiong Hoa, ia tidak tahan melihat penderitaan rakyat Indonesia yang menderita akibat penyimpangan-penyimpangan di Orde Lama, ketika Orde Baru berdiri, ia juga melihat Orde Baru tiada berbeda dengan Orde Lama. Ia pun kembali berjuang, meskipun orang-orang di sekelilingnya hanya terdiam, dan ia pun harus ditinggalkan wanita yang dicintainya, ia tetap teguh pada pendiriannya.

Sosok seperti SOE HOK GIE-lah yang kita butuhkan hadir di tengah-tengah anak muda Indonesia. Ia adfalah seorang nasionalis yang kuat, meskipun ia bukan bangsa Indonesia.

Rabu, 30 Juli 2008

Kobarkan Semangat Blogger-mu


Ayo, para Blogger Indonesia di seluruh tanah air, kobarkan semangat bloggermu. Jangan mau kalah dengan blogeger-blogger dari luar ! Kobarkan semangat nge-blogmu demi kejayaan blogger Indonesia.
Tingkatkan kerjasama, berbagi pengetahuan. Bersama, mari kita bawa dunia Blogging Indonesia memasuki era baru.

Gambar diambil dari Gagas Media

Minggu, 13 Juli 2008

Change, We Can Believe In

Berubah, kami percaya akan itu. Semboyan ini digunakan oleh capres Amerika Serikat Barack Hussein Obama. Inti dari perkataan itu adalah, tentu saja, keberanian untuk berubah dan percaya dengan perubahan itu. Hal ini berkaitan dengan pidato Barack Obama yang berjudul The Audacity Of Hope (Keberanian Berharap). Obama berani berharap Amerika Serikat bisa melangkah menuju perubahan.

Perubahan yang kita rencanakan tidak akan berhasil jika kita punya penyakit pesimis. Untuk mampu berubah, kita harus optimis, kita bisa ! Ingat kata SBY dalam salah satu pidatonya ketika memperingati 100 tahun kebangkitan nasional di Gelora Bung Karno,"INDONESIA BISA !"

Kita bisa menuju perubahan yang lebih baik, asalkan kita semua mau angkat tangan untuk menggerakkannya. Kalau kita lihat sekarang, masyarakat Indonesia saat ini mengalami krisis kepercayaan diri. Kita terlalu takut, kita terlalu pesimis, kita takut hancur.

Jangan begitu ! Para pejuang revolusi fisik bertempur selama hampir 3,5 abad melawan Belanda tanpa rasa takut, penuh optimistis, dan harapan mencapai kemerdekaan yang tinggi. Kalau perjuangan itu bisa dilanjutkan oleh angkatan '08, angkatan '28 dan angkatan '45, mengapa tidak oleh angkatan 2008 ?

Ayo, kita berubah. Hilangkan rasa takut dan pesimis. Tumbuhkan rasa berani dan optimis untuk menuju Indonesia yang lebih baik. Jangan lagi lakukan golput karena itu merupakan bentuk pesimistis kita terhadap masa depan bangsa dan negara.

Kamis, 15 Mei 2008

Akankah Reformasi 1998 Terulang ?

Harga BBM kembali naik di awal tahun 2008 ini setelah sebelumnya pernah naik di Oktober 2005. Harga BBM kini mencapai Rp 6000/liter.

Kenaikan BBM kali ini dirasa sangat memberatkan rakyat Indonesia. Bagaimana tidak ? Sejak awal tahun 2008, harga sembako terus melambung. Angka inflasi terus meningkat setiap bulannya (bahkan kini mencapai 10%). Kenaikan BBM juga merupakan nomor 4 di chart fakta tak menyenangkan pasca reformasi di METRO10.

Perpecahan mulai terlihat di sana-sini. Lihat saja berita di TV-TV, dimana-mana banyak sekali demonstrasi terjadi. Yang menarik dari demonstrasi yang dilakukan mahasiswa UIN di Makassar, mereka memperagakan mayat SBY-JK sebagai tanda matinya pemerintahan SBY-JK. Sebagai akhir unjuk rasa, mereka membakar replika mayat itu.

Perdebatan para ahli politik banyak disiarkan di stasiun TV, terutama Metro TV. Yang saya dengar, pemerintah berencana menjual beberapa BUMN (salah satunya adalah PDAM !). Segila apapun pemerintah, mereka seharusnya tidak menjual BUMN !

Bahkan ada juga saling tuding-menuding. Jusuf Kalla berpendapat bahwa para pendemo akan mendukung kaum kaya jika BBM tidak naik. Kepala BIN bahkan menuding ada pihak-pihak yang memanas-manasi para demonstran untuk menuntut BBM tidak naik.

Bagi kalian-kalian yang hidup pada masa reformasi 1998, keadaan ini persis sama. Pada tahun 1998, harga BBM dan listrik juga naik. Harga sembako dan inflasi juga naik. Dialog-dialog di TV banyak bermunculan. Ironisnya, masalah-masalah serupa terjadi pada saat 10 tahun reformasi. Yang saya takutkan, apakah peristiwa reformasi akan terulang ? Demonstrasi berdarah di masa lalu yang selama ini coba kita lupakan, apakah akan terulang lagi ? Demonstrasi mahasiswa yang menuntut MPR untuk segera memberhentikan presiden Soeharto apakah akan terjadi pada 21 Mei 2008 nanti ?

Jujur saja, kita semua tidak pernah menginginkan hal yang sama terjadi pada Mei 2008 ini. Peristiwa bulan Mei 2008 10 tahun lalu adalah kenangan pahit yang coba kita lupakan. Semoga demonstrasi yang dilakukan saat ini tidak berubah menjadi demoncrazy. Unjuk rasa harus teratur. Masa depan Indonesia harus lebih baik ! Masa 100 tahun kebangkitan Indonesia diisi dengan demonstrasi berdarah ?

Sabtu, 12 April 2008

Melaut mahal, gak bisa nyekolahin anak

Ini emang mengejutkan, tapi ini yang terjadi di pesisir pantai selatan Jawa Tengah. Seorang nelayan tidak bisa menyekolahkan anaknya karena biaya untuk melaut mencari ikan mahal dan dia hanya mendapat sedikit untung. Unek-unek itu disampaikan kepada presiden SBY. Sebagai jawaban, SBY memerintahkan bupati setempat untuk menyekolahkan anak-anaknya. SBY berkata, "Subsidi BBM Mboten dicabut" (Subsidi BBM tidak akan dicabut).
Di ujung periode kekuasaan SBY, ternyata masih ada masalah kayak gini. Semoga masalah seperti ini cepet diselesaikan demi kemakmuran masyarakat Indonesia.

Selasa, 08 April 2008

Presiden Tegur Peserta Tidur (Suara Anda, 8 April 2008)

Presiden Marah ! Ini disebabkan karena para bupati yang diajak rapat malah tertidur ! Rapat di gedung ber-AC memang bikin ngantuk.
Rapat ini membahas kemajuan rakyat, tetapi para wakil rakyat yang seharusnya mendengarkan dengan seksama malah tidur. Kurang ajar banget sih !
Presiden naik pitam, ia lalu berkata dengan sangat marah, "Yang tidur itu, lebih baik diluar saja. Kita saat ini sedang membahas sola rakyat. Kita sebagai pemimpin menanggung tanggung jawab yang berat. Kalian ini dipilih sendiri oleh rakyat. Apa kalian tidak malu jika seperti ini. Para pemimpin saja tertidua saat sidang. Mau jadi apa bangsa ini ?"
Yang tidur hati-hati ! Kemungkinan kalian dipecat 99,99 %
Setelah sidang, presiden menyempatkan diri bertemu dengan beberapa menteri. Ia menyatakan kekecewaannya akan RUU Pemilu yang memakan waktu dan menghabiskan biaya.
Sip ! Presiden bersikap tegas ! Apakah SBY adalah pewaris dari presiden Soekarno ? (soalnya sikapnya itu mengingatkan gue ama presiden Soekarno)

Minggu, 16 Maret 2008

Operator seharusnya tidak punya hak untuk memblokir MXit

IM3 berencana memblokir MXit karena layanan MXit sudah memberikan kerugian sangat besar buat mereka.

Memang sih, tarif GPRS IM3 yang cuma Rp 1/kb bikin MXit-an tambah enak, soalnya kita tidak usah khawatir pulsa akan habis karena sering MXit. Meskipun IM3 udah mati-matian kasih promo SMS murah, telpon terlalu murah, dan sebagainya, itu semua belum bisa mengalahkan pamor MXit yang untuk 'sms-an' sepuasnya bayarnya gak lebih dari Rp 1000.

Pake XL atau Telkomsel yang tarif GPRS-nya mahal, masing-masing Rp 10/kb dan Rp 12/kb, tetep murah. 'Sms-an' sampai 60 kali pake Telkomsel bayarnya gak sampe Rp 500

Kita senang, tapi operator garang. Jelas dong mereka kerugian karena adanya MXit. Tak heran bila banyak operator ingin memblokirnya.

Tapi apakah itu akan menyelasaikan masalah ? Tidak ! Para pengguna MXit yang kebanyakan anak muda akan mencari layanan sejenis. Jadi tetap saja ada kerugian.

Namun operator tidak punya hak sama sekali untuk melarang pelanggan mereka untuk mengakses layanan apapun, kecuali layanan itu memang mengandung hal-hal negatif, situs porno misalnya. MXit jelas bukan hal negatif. Operator mengatakan MXit merugikan mereka, tetapi operator itu sendiri yang salah. Kenapa mereka memasang tarif yang sedemikian murahnya ? Kalau mereka kerugian, itu datang dari mereka sendiri !

Sekali lagi, siapapun tidak punya hak untuk memblokir MXit. Kalau IM3 kerugian, naikkan tarif GPRS-nya dong ! Gitu aja kok repot.

Jumat, 07 Maret 2008

PLN : Penggunaan Listrik Dibatasi

Beberapa waktu lalu saya dikabari rekan saya, berkaitan dengan krisis listrik yang dialami PT PLN, sekarang pemakaian listrik akan dikuota. Barangsiapa yang pemakaiannya melebihi kuota,niscaya dia akan dikenai denda.

Eh,tapi ini fakta. Yang saya dengar di warta berita RRI, jaringan berita nasional, yang pemakaiannya melebihi kuota perbulan, akan dikenai denda. Yang pemakaiannya kurang dari kuota perbulan, akan diberi bonus dari PLN.

Masih bingung maksudnya gimana ? Gampangnya gini, kalau langgan telkom speedy paket volume-based, setiap kelebihan pemakaian akan dikenakan rp 5/kb. Kira-kira seperti inilah cara kerjanya.

Berarti kita harus efisien dong. Gunakan listrik seperlunya saja. Tapi kalo buat maen komputer atau PS, jadi gak asyik lah kalau pemakaian listrik dibatasi. Jelas gak cocok buat aku, soalnya kalo lagi garap tugas yang diketik, pasti disambi kegiatan lain, kayak dengerin lagu n mindahin lagu ke hp. Ini artinya mulai sekarang kebiasaan ini harus dihilangkan.

Ini memang cobaan berat buat kita. Tapi kita harus bekerjasama satu sama lain untuk menghadapi krisis listrik ini. Pada suatu saat ini semua pasti akan lewat. BADAI PASTI BERLALU. Lagipula, dengan menghemat listrik, kita telah membantu meringankan beban PLN,membantu rumah lainnya yang membutuhkan listrik, serta mendukung pelaksanaan program "75 tahun Indonesia Merdeka, 100 % Indonesia Teraliri Listrik".

Udah deh, lebih baik PLN buat PLTN aja. Nuklir 'kan sumber energi yang hemat,paling bertenaga,efisien,dan ramah lingkungan (asalkan dibuat dengan hati-hati). Atau untuk mengurangi penggunaan listrik dari industri, sebaiknya industri kembali menggunakan genset, tapi solarnya disubsidi pemerintah. Kalau begini semua 'kan enak.

Sabtu, 01 Maret 2008

A Mild : Iklan Yang Saya Nilai Jujur



























Inilah beberapa contoh iklan dari A Mild (Maaf kalau gambarnya agak berantakan. Semua pasti sudah akrab dengan iklan-iklan A Mild, yang isinya banyak menyindir masyarakat pada umumnya.

Beberapa iklannya, seperti "Taat Kalo Cuma Ada Yang Liat", "Yang Muda Gak Dipercaya", "YAng Muda Belum Boleh Bicara", "YAng Muda Dipandang Sebelah Mata". Coba kita renungi, kata-kata ini memang sangat nyata di kehidupan kita.

Sebagai contoh, di tempat les saya ada seorang guru baru, usianya masih sangat muda, baru lulus kuliah mungkin. Tetapi sayangnya, perhatian murid-murid kepadanya begitu minim, mungkin karena dia masih muda kali ?

BAguslah, ada yang berani mengangkat fakta dan realita seperti ini. Teruslah berkarya, sadarkan masyarakat.

Sabtu, 23 Februari 2008

PLTN : Solusi Dari Masalah Listrik di Indonesia

Tahun lalu di TV sempat diberitakan tentang pembangunan PLTN (Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir) Muria. Rencana proyek ini menimbulkan banyak pro & kontra dari masyarakat. Namun apakah penolakan dari masyarakat itu semata-mata karena mereka benar-benar tidak suka ? Saya rasa TIDAK ! PAsti ada pihak lain yang menghasut mereka agar mereka tidak menyetujui proyek PLTN.

Udah ah, kita gak perlu mikirin masalah itu saat ini. Mendingan sekarang kita bahas aja seluk-beluk, sisi positif dan negatif, serta manfaat PLTN bagi kemajuan bangsa Indonesia. Saya awali dahulu dengan sebuah berita yang dimuat di metro hari ini tanggal 22 Februari 2008. BAru saya akan membahas. ENJOY THIS SPECIAL NEWS !

Karena cuaca buruk, pengiriman batu bara ke sejumlah PLTU terhambat. Akibatnya, pemadaman bergilir terpaksa dilakukan. Hal ini agar stok batu bara yang tersisa mencukupi.

Pemadaman ini jelas bukan solusi yang baik. Pemadaman di Sumatera Utara dan Aceh mengakibatkan kegiatan ekonomi menjadi terhambat. Apalagi sektor industri dan pertokoan, yang membutuhkan banyak tenaga listrik. Pemadaman ini ternyata berlaku juga bagi traffic light, Akibatnya, sejumlah warga harus berswadaya turun ke jalan untuk mengatur lalu lintas.

It's time to review.

Semakin lama di Indonesia semakin banyak berdiri industri, perumahan, dan perkantoran. Semua itu membutuhkan daya listrik dalam jumlah besar. Apalagi saat ini kita dihadapkan pada kenyataan akan pemanasan global. Solusi terbaik untuk ini adalah PLTN !

Yes, nuklir adalah tenaga yang bebas polusi, bersih, dan ramah lingkungan. Selain itu dengan PLTN kebutuhan listrik akan terpenuhi sehingga tidak akan ada pemadaman bergilir lagi di Indonesia. Juga, pemerintah tidak usah mengeluarkan minyak bumi atau batu bara 1 gram pun untuk ini. Jadi, APBN untuk subsidi BBM bisa dikurangi. Dengan begini, Indonesia akan terbebas dari lilitan utang luar negeri dan Indonesia akan menjadi negara maju IN NO TIME !

Melihat berbagai keuntungan di atas, wajar saja bila ada pihak yang ingin menghentikan proyek ini. 'KAn ada pihak yang tidak suka Indonesia terbebas dari utang luar negeri dan menjadi negara maju. Karena itulah saya mengatakan tidak semua orang dengan jujur menolak pembangunan PLTN karena dihasut oleh pihak-pihak semacam ini.

NAmun pembangunan PLTN harus dilaksanakan dengan amat hati-hati. Hal ini karena nuklir ternyata adalah sumber enrgi yang amat berbahaya. Mungkin aada trauma melihat kejadian di Chernobyl. Ketika itu, reaktor 4 meledak. Suhu ledakan reaktor nuklir bisa mencapai 1000 kali suhu matahari (15.000.000 x 1000= 15.000.000.000 celcius atau 15 milyar derajat celcius). Daerah sekitar reaktor 4 kini dipasang pagar kawat besi karena mengandung radiasi radioaktif yang sangat merusak. Selain itu, sampah nuklir tetap radioaktif selama ribuan tahun.

Wajar saja ada pihak yang khawatir, sebab pembangunan di Indonesia masih dilaksanakan dengan ceroboh dan ada praktik KKN. KAlau Rusia yang melakukannya dengan hati-hati saja bisa bocor, apalagi dengan Indonesia yang sembrono. Biaya pembuatan PLTN juga sangat mahal. Pembangunan satu reaktor saja memerlukan dana Rp 27 miliar, padahal pemerintah berencana membangun 5 reaktor. Nah Lo !

Tetapi kita patut mencoba, apalagi ini 'kan hal positif yang bisa menyelamatkan bangsa Indonesia. PLTN merupakan cara terbaik dan satu-satunya untuk mengatasi masalah listrik di Indonesia. KArena itu, patut dicoba bukan ?

Saya Tidak Akan Rayakan Valentine

Valentine ? Itu hanya cerita lama ! Coklat ? Hanyalah makanan yang menyakitkan tenggorokan jika tidak dimakan bersama air hangat. Berbagai cerita tentang valentine hanya pantas disimpan dalam secarik kertas di sebuah gudang tua.

Sebagai seorang islam, kita semestinya tahu bahwa valentine tidak pernah diajarkan oleh Islam, karena pada valentine, kita saling memberi hanya pada orang-orang yang kita cintai. Ini jelas-jelas sebagai suatu tindakan diskriminasi. Di luar sana masih banyak orang-orang yang tidak mampu. Di mana rasa kasih sayang kita ?

Perayaan Valentine sendiri banyak diwarnai ketidaksetujuan dari banyak organisasi Islam. Mereka menilai bahwa valentine adalah suatu budaya yang amat bertentangan dengan ajaran Islam. Saya setuju dengan para demonstran Islam yang menuliskan kata-kata "Valentine, go to hell". Sampai kapanpun, saya tidak akan menganggap tanggal 14 Februari sebagai *a special day*. 14 Februari hanyalah sebuah tanggal yang tidak ada artinya, baik bagi bangsa ataupun agama manapun di seluruh dunia.

So, buat apa valentine begitu ditunggu-tunggu ? Lebih baik kita menanti tanggal 21 Mei 2008 yang bangsa Indonesia peringati sebagai 10 tahun reformasi atau 10 tahun krisis moneter. Cinta memang lebih sulit daripada memahami cara mencari suku ke-n dari sebuah deret bilangan yang jumlah b pada setiap sukunya selalu bertambah 3.

Yang bisa saya katakan, cinta atau kasih sayang tidak selalu harus diungkapkan dalam bentuk coklat. Apa saja bisa kita gunakan, selama kita ikhlas melakukannya. Perkataan dan ucapan yang menggembirakan jauh lebih menyenangkan daripada sebatang coklat yang kita berikan dengan rasa dendam dan tak ikhlas.

Hemat = Modern

Sekarang, buang jauh-jauh pikiran bahwa orang-orang kaya yang punya barang-barang bagus yang sebenarnya tidak mereka butuhkan itu menunjukkan kalau mereka kaya, mereka hebat, dan mereka adalah manusua modern yang berhasil mengikuti globalisasi. Mengapa begitu ? Pada jaman ini, atau paling tidak ke masa depan, orang-orang kaya semacam itu sudah dunia katakan bodoh, jadul, tidak modern lagi, melainkan immodernisasi (proses menjadi tidak modern lagi).

Saya tidak melarang anda untuk menjadi kaya, bahkan saya menganjurkannya karena dengan menjadi kaya, anda bisa memenuhi kebutuhan anda dengan lebih baik. Namun jika anda kaya, tetaplah berhemat dan jangan hidup hedonis alias jor-joran. Itu tidak baik.

Itulah yang saya dapatkan dari pelajaran sosiologi. Salah satu ciri-ciri orang yang modern adalah orang yang hemat. Namun hemat dalam konteks ini bukan berarti pelit. Kita tetap perlu mengeluarkan uang kita dan membelanjakannya untuk sesuatu yang benar-benar kita butuhkan. Jangan sampai saya mendengar setelah artikel ini beredar, akan ada orang yang mati kelaparan karena mereka mengikuti 'hemat' yang saya katakan.

Hemat di sini adalah tidak membeli sesuatu yang sebenarnya kita tidak membutuhkannya. Kenapa kita memboroskan uang kita untuk hal-hal yang kita tidak butuhkan ? Ahli ekonomi Safir Senduk bahkan mengatakan jika ingin kantong kita aman, jangan pernah bayar lebih untuk sesuatu yang kita tidak perlu, artinya sama dengan yang tadi.

Uang seperti itu 'kan bisa kita sumbangkan untuk membantu mereka yang tidak punya, buat beli pulsa, buat beli bensin, buat beli bolpen baru (hobi saya), atau yang lainnya deh. Kalau punya uang lebih, sebaiknya kita tabung aja, atau kita masukkan reksadana supaya uang kita tidak hilang tersapu inflasi.

Ingat, orang yang hemat adalah orang yang berpikiran modern !

Minggu, 03 Februari 2008

CGI

Indonesia adalah negara yang sedang membangun. Indonesia membutuhkan banyak dana untuk melaksanakan hal satu ini.
Selain dari ekspor hasil tambang minyak bumi dan lain-lain, Indonesia juga mendapatkan dana dari IMF, World Bank, ADB (Asian Development Bank), IDB (Islamic Development Bank), dan CGI (Consultative Group on Indonesia).
CGI adalah sebuah kelompok negara-negara maju yang diketuai oleh bank dunia. Negara-negara anggota CGI terdiri dari Kanada, Amerika Serikat, Inggris, Perancis, Jerman, Itali, Jepang. Tugas dari CGI adalah memberi bantuan modal terhadap pembangunan Indonesia dengan syarat lunak.
Apa ini tidak memalukan ? Banyak negara-negara maju patungan untuk memberi bantuan pada Indonesia ? Hasilnya ‘kan juga tidak 100 % digunakan untuk pembangunan Indonesia. Soalnya ada sekian persen yang dikorupsi (soalnya emang kebiasaan bangsa kita ini).
Apakah Indonesia sedemikian tak berdayanya sehingga membutuhkan begitu banyak uluran tangan dari luar negeri ? Hal seperti ini berbeda pada masa kekuasaan presiden Soekarno yang sering menolak bantuan luar negeri, meskipun pada akhirnya Indonesia sedikit terhambat, tapi mereka berhasil melewatinya. Hal ini karena dahulu yang mengkorupsi dana hanya sedikit, jadi dana sedikit bisa digunakan secara efisien. Sekarang ? Boro-boro deh ! Belum sampai ke tangan yang membutuhkan sudah dikorupsi.
Kita tidak bisa terus bergantung pada bantuan negara-negara maju. Indonesia masih mempunyai banyak SDM-SDM berkualitas yang tidak kalah dengan yang di luar negeri. Saatnya pemerintah Indonesia menggali dan mengembangkan potensi yang mereka miliki. Ini ‘kan bisa menghemat pengeluaran pemerintah karena tenaga yang digunakan adalah tenaga lokal.
Mari kita majukan Indonesia. Sebisa mungkin, gunakan produk dalam negeri. Kita boleh meminta bantuan luar negeri, tapi jangan terlalu banyak berharap.

Text