Translate This Web

Minggu, 16 Mei 2010

Positif atau Negatif-nya Teknologi tergantung niat pemakainya

Suatu malam, saya menyempatkan diri menonton TV. Kebetulan ada acara berita. Pembaca berita memberitakan seorang mahasiswa yang ditangkap karena menjadi pengedar foto-foto yang tak pantas (tentu anda tahu sendiri apa maksud saya). Aksi ini sudah dilakukan oleh tersangka sejak 1 tahun yang lalu, menggunakan forum dan facebook.

Kita sering mengeluhkan dampak buruk tekonologi. Memang, teknologi punya dua sisi, yang baik dan yang buruk. Tanpa bermaksud apapun, saya katakan, teknologi tidak punya sisi buruk. Pada awalnya teknologi diciptakan untuk memudahkan hidup manusia (sisi positif). Misalnya facebok diciptakan untuk membantu orang-orang di seluruh dunia untuk berkomunikasi. Forum digunakan untuk bertukar informasi dan diskusi. Handphone diciptakan untuk menelepon. Senjata diciptakan untuk melindungi diri. Pada awal diciptakan, teknologi tidak dimanfaatkan untuk hal-hal jahat. Teknologi diciptakan hanya memiliki satu sisi : yang positif atau negatif. Teknologi negatif misalnya diciptakan Rudal dan kapal perang hanya untuk berperang.

Yang membuat teknologi memiliki dua sisi adalah penggunaannya. Facebook, yang tadinya diciptakan untuk tujuan baik, oleh pelaku kejahatan digunakan untuk tindakan yang tidak bertanggung jawab.

Jadi, untuk menghindari dampak buruk teknologi, kita memang harus menjadi orang-orang yang berniat baik. Karena manusia akan mendapatkan apa yang dia ingin dapatkan.

5 komentar:

ciput mardianto mengatakan...

teknologi itu memiliki dua sisi disimaping positif pasti ada negatifnya. Dimana pengguna yang bijak harus dapat menempatkan semuanya ke arah yang positif. Demikian hemat saya

Ipah mengatakan...

aku mau gabung ama bengawan !

Blind-caveman mengatakan...

kayaknya sulit deh, selama masih ada orang yang niatnya gak baik, mesti ada-ada aja yg disalahgunakan. Btw, nice post, Ndra!

Ariex mengatakan...

Positif atau Negatif-nya Teknologi tergantung niat pemakainya....
Betul baget tuh gan... setuju setuju..

Daniel mengatakan...

Infony bagus bro, kunjungi jg blog saya y :)

Text