Translate This Web

Kamis, 12 Januari 2012

Menjajal Google Chrome Canary

Kamu penggemar Google Chrome ?

Saya sendiri pengguna Google Chrome. Menurut saya, ini browser yang cepat dan ringan. Kenceng lah, bener-bener browser yang I Hate Slow (sorry, bukan ngiklan). Saya sendiri pakai Google Chrome sejak 3 tahun yang lalu (simak artikel pertama saya mengenai Google Chrome di sini).

Akhir-akhir ini, Google membuka 4 versi dari Chrome :
1. Versi stable. Inilah versi resmi yang stabil. Diupdate sekitar 6 minggu sekali. Bila anda mengunduh dari situs http://chrome.google.com , versi inilah yang anda dapatkan.
2. Versi beta. Dalam bahasa saya, ini adalah versi yang "hampir sempurna" . Istilahnya, butuh "di-rayen".
3. Versi developer. Buat kamu yang pingin menjadi orang pertama yang mencicipi versi Chrome terbaru sebelum dirilis menjadi versi stabil, cobalah versi ini. Namun, boleh jadi akan terjadi crash, karena versi ini memang belum sempurna.
4. Versi Canary. Inilah yang akan kita bicarakan ?



Mengapa dinamakan Canary ?

Pada zaman dahulu, pekerjaan menambang beresiko tinggi. Salah satunya karena kekurangan peralatan canggih. Seperti kita tahu, bawah tanah menyimpan bahaya, salah satunya adalah gas beracun. Para penambang dahulu membawa burung Canary di lorong yang akan mereka tambang. Bila burung itu mati, berarti di lorong itu ada gas beracun, sehingga mereka bisa menghindari lorong itu dan mencari lorong yang lain.


Google Chrome Canary juga dirancang seperti itu. Google Chrome Canary dirancang agar setiap penggunanya bisa menjajal kode-kode terbaru yang ditemukan oleh Google dan pengguna lain. Versi Canary dilengkapi dengan fitur pengirim statistik penggunaan dan crash yang dialami, sehingga apabila ada kerusakan, akan langsung diatasi, sehingga kedepannya, Google Chrome menjadi semakin baik. Mirip burung Canary yang "dikorbankan", namun tujuannya adalah demi keselamatan dan kenyamanan pengguna Chrome.

Saya sendiri sudah 2 minggu ini menjajal versi Chrome, dan tidak ada kendala yang berarti, tidak ada crash maupun error. Menurut saya, yang bisa mengalahkan Chrome Canary cuma versi stabil Chrome.

Mau menjajal ? Masuk link ini http://dev.chromium.org/getting-involved/dev-channel

Tidak ada komentar:

Text