Translate This Web

Rabu, 01 Juli 2009

Independency

Pada jaman sebelum kemerdekaan,demokrasi terhambat oleh ketatnya pemerintah penjajah.Pada masa Bung Karno,kebebasan terhambat oleh minimnya sarana komunikasi & informasi.Pada masa Orde Baru,kebebasan kembali harus ditahan karena pers diatur secara ketat oleh Pak Harto.

Sekarang,di orde reformasi,kebebasan bertiup dengan bebasnya,seperti burung-burung di langit.Reformasi seperti tambang emas bagi para pengejar berita.Ditambah lagi dengan globalisasi dan semakin canggihnya internet dan alat komunikasi lainnya.Lengkap sudah.

Hasilnya ? Bisa langsung dilihat di depan mata.Setiap hari bisa kita saksikan mahasiswa,buruh,PKL,supir angkot,supir bis,pembeli,seniman,artis turun ke jalan untuk berdemo.Alhasil,barisan polisi-lah yang bekerja sekuat tenaga.

Gak cuma itu.Para artis di tanah air juga sering merasa dirugikan karena berita perselingkuhan,putus cinta,atau perceraian mereka diangkat menjadi sebuah tontonan yang bisa disaksikan bahkan oleh anak jalanan.Lagi-lagi ini karena kebebasan tak bertanggung jawab.

Pancasila mengajarkan kepada kita untuk menghargai hak-hak orang lain.Tetapi justru poin inilah yang tidak banyak diperhatikan masyarakat negeri ini.

Ya,kebebasan sangat diperlukan agar kita maju.Namun janganlah kita egois,yang merugikan orang lain.

Tidak ada komentar:

Text