Translate This Web

Minggu, 09 Agustus 2009

PSSI dan JFA : Guru Yang Kalah Dengan Muridnya

PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia) adalah organisasi sepak bola Indonesia. Sedangkan JFA (Japan Football Association) adalah organisasi sepak bola Jepang.
Mungkin beberapa orang belum tahu, kalau pada awalnya JFA berdiri dengan berguru dengan PSSI. Mereka berguru kepada Indonesia ! Mulai dari cara bermain, pengorganisasian, sistem liga, dan lain-lain.

Namun apa yang terjadi ? Walaupun Indonesia adalah guru dari Jepang dalam hal sepak bola, prestasi Indonesia tertinggal sangat jauh dari Jepang. Indonesia hanya sekali lolos ke Piala Dunia, yaitu pada tahun 1938 di Perancis. Sedangkan Jepang berhasil lolos 3 kali ke Piala Dunia, yaitu 1998 di Perancis, 2002 di Jepang, dan 2006 di Jerman.
Di Piala Asia Jepang juga lebih baik. Jepang berhasil mejadi juara 3 kali, Indonesia belum pernah. Dalam ranking FIFA, mereka juga terpaut jauh. Jepang berada pada ranking 37, dan PSSI pada ranking 137.

Biarpun banyak kekurangan, timnas Indonesia berhasil mencapai banyak prestasi :
1. Indonesia pernah ikut Piala Dunia pada tahun 1938 (Ketika itu namanya Hindia-Belanda). Sedangkan Jepang baru ikut piala dunia pada 1998.
2. Saat ini Indonesia berada pada ranking 4 Asia Tenggara (Sumber : Fifa.com), mengalahkan Malaysia yang ada di ranking 5.
3. Indonesia berhasil masuk 80 besar dunia pada September 1998 (ranking 76).
4. Sejak April 1998, timnas Malaysia tidak pernah mampu melampaui prestasi timnas Indonesia.
Meskipun masih banyak kekurangan, namun prestasi di atas adalah pencapaian luar biasa putra-putra bangsa Indonesia

MAJU TERUS SEPAKBOLA INDONESIA !

Tidak ada komentar:

Text