Translate This Web

Minggu, 03 Juni 2012

Internet Ngadat ? Restart Aja !

Siapapun tidak suka namanya internet ngadat. Semua orang pasti setuju dengan slogan “I Hate Slow” (bukan promosi, hehehe), walaupun tidak semua orang menggunakan kartu yang berslogan itu, wkwkwk.
Kali ini saya mau share sebuah tips yang sebenarnya simpel banget dan sudah banyak yang tahu, tapi mungkin tidak banyak yang menerapkan. Tips ini bisa dicoba untuk hampir semua koneksi internet yang menggunakan IP Public.
IP yang digunakan saat kita berinternet ada 2 macam, yaitu IP Public dan IP Non-public. Kalau kita menggunakan koneksi yang ber-IP Public, berarti IP kita itu dipakai oleh banyak orang. Bayangkan saja kalau di IP yang sama, misalkan di IP aaa.aaa.aaa.aaa digunakan oleh 100 orang, tentu koneksi yang kita dapatkan akan lebih lambat dibandingkan jika kita masuk di IP lain, misalkan di IP bcd.cbd.aea.def yang hanya digunakan oleh 5 orang, tentunya lebih lancar di IP yang terakhir.
Lalu apa solusinya ? Kalau koneksinya ber-IP Public, cobalah disconnect selama sekitar 1 menit, lalu connect lagi. Biasanya ia akan masuk ke IP lain. Kalau anda beruntung, anda bisa masuk ke IP yang penggunanya sedikit, sehingga koneksi lebih lancar.
Saya pernah menggunakan cara ini ketika saya berinternet di jam sibuk (pukul 7-11 malam). Biasanya pada waktu segitu, koneksi di tempat saya lambat, maklum, karena di sekitar tempat tinggal saya, banyak yang menggunakan operator yang sama dengan yang saya pakai. Karena saya sebal dengan kelambatan itu, saya coba disconnect, lalu saya connect lagi. Ternyata koneksinya jadi lancar, sehingga saya berkesimpulan bahwa saya masuk ke IP yang sedikit penggunanya. Koneksi pun lancar tanpa hambatan. Sebagai informasi, saya mengakses internet di Surabaya, di daerah sekitar kampus A Universitas Airlangga sebelah timur.
Walaupun ini memang terkesan untung-untungan, tak ada salahnya mencoba :).


*Tulisan ini terlebih dahulu online di blog saya yang lain di : http://heyindranota.wordpress.com/2012/02/09/internet-ngadat-restart-aja/

Text