Translate This Web

Jumat, 24 April 2009

Sebenarnya Hanya Soal Kemauan Atau Tidak

Suatu hari, guru sejarah saya memberi tugas yang cukup aneh : kita disuruh membuat kerajinan dengan teknik A Cire Perdue atau Bivalve. Sekedar info, dua teknik ini digunakan oleh manusia purba untuk membuat benda kerajinan dari logam.

Guru saya memberi deadline 2 minggu.Lagi-lagi kebiasaan, ditinggal dulu karena deadline cukup panjang. 1 minggu kemudian, guru saya masuk ke kelas. Ia menanyai kami semua tentang tugas itu. Bisa ditebak, kami semua menjawab "belum dikerjakan pak". Guru kami hanya menarik nafas dalam, lalu berkata

Sebenarnya tugas saya, meskipun saya beri deadline 1 minggu, 2 minggu, 1 bulan, bahkan 1 semester, belum tentu kalian sudah selesai 'kan ? Ini 'kan hanya soal kemauan kalian untuk menyelesaikannya, bukan soal waktu.
Lalu beliau memberikan kami keringanan yang sangat membantu kami untuk menyelesaikan tugas itu. Meskipun pada hari-H tugas kami banyak yang berantakan, guru kami tetap tersenyum senang. Ia senang karena meskipun berantakan, cara mengerjakannya sudah benar dan ada kemauan untuk menyelesaikan tugas itu.

Inti cerita di atas adalah, apapun tugas atau target kita, penyelesaiannya tergantung pada kemauan kita.

3 komentar:

Ragil Cahya Maulana mengatakan...

ini bukan masalah deadline, ini masalah kemauanmu, kemampuanmu, (dan kemaluanmu).

Fans Indonesia mengatakan...

@ ragil : gak usah ngomong rusuh di sini

haris mengatakan...

ingt kata pepatah: di mana ada kemauan, di situ ada jalan!

Text