Translate This Web

Selasa, 03 Februari 2009

Ide Harus Ditulis Biar Nggak Lepas

Jika ide lewat di pikiran kita, apakah kita sudah pasti menulisnya ? Jika belum, sebaiknya segera tulis ide itu ! Karena ide bukan seperti benda yang tidak bisa hilang, namun ide mirip kapur barus yang bisa menguap jika tidak disimpan dengan baik.

Dalam ajaran Islam, dikatakan : "Cara mengikat ilmu adalah dengan menuliskannya". Ini sama dengan cara kita memperlakukan ide. Tulislah biar tidak lepas. Tidak masalah jika ide itu tidak kita kembangkan sekarang. Kita bisa mengembangkannya kapanpun kita mau. Bahkan, jika kita menulis ide yang lain, ide baru dengan ide lama bisa dikolaborasikan menjadi ide baru yang bakalan lebih hot !

Dalam beberapa kasus, beberapa orang mampu mendapat ide setiap saat, namun karena dia tidak pernah menulisnya karena tidak sempat, seperti yang saya katakan tadi. Akhirnya, ide-idenya yang brilian hilang.

Buat beberapa cerpenis yang sering dapat ide lewat mimpi, lebih baik habis bangun tidur, solat subuh, langsung tulis ! Kalau bisa jadikan cerpen saat itu juga !

Ada perkataan nabi Muhammad SAW yang berguna buat para penulis : "Jangan suka menunda-nunda pekerjaan". Maksudnya, jika bisa dilakukan sekarang, lakukan saat ini juga. Sama dengan ide.

Selamat mencoba ! Tolong beri masukan untuk posting ini.

Tidak ada komentar:

Text