Translate This Web

Kamis, 19 Februari 2009

Uang Gedung : Perlu Atau Tidak

Di beberapa sekolah masih ada spekulasi tentang uang gedung. Beberapa pemda tidak lagi mengijinkan sekolah untuk menarik uang gedung dari murid-murid mereka. Salah satu alasan yang pernah saya dengar, uang itu memberatkan siswa.

Namun, pembangunan gedung sekolah, penambahan fasilitas, perbaikan kualitas, dan lain-lain, tidak pernah lepas dari kendala biaya. Sekolah tidak mudah mendapatkan banyak uang untuk membangun fasilitas baru jika tidak ada uang gedung. Uang SPP tidak cukup untuk menutupi biaya pembangunan yang semakin lama semakin besar. Meskipun harga barang-barang elektronik seperti komputer, printer, dan proyektor LCD terus memurah, namun jika diperuntukkan semua kelas, tentu akan terbentur masalah biaya.

Pada sekolah swasta yang bagus, orang tua murid akan memaklumi uang gedung yang tinggi, karena fasilitasnya juga mencapai bintang 10 (mewah banget !).

Seandainya saja negara mengalokasikan dana 20 % sesuai dengan aturan, tentu masalah ini bisa sedikit dikurangi. Bagaimanapun, kita semua tidak suka melihat pendidikan Indonesia terus tertinggal dari bangsa-bangsa lain di dunia. Fasilitas pendidikan yang baik adalah salah satu jalan untuk menujunya.

1 komentar:

Arnest mengatakan...

Bagus nih tulisannya. Kayaknya mas berbakat di jurnalistik

Text